Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda. Apa kabar motor Honda Supra X-125 Tipe PGM-FI? Konon motor ini tampaknya belum disukai oleh pasar Indonesia jika dibandingkan dengan motor lainnya keluaran PT Astra Honda Motor (AHM). Kalau begitu, apakah ini karena harga motornya Rp.16,100,000 yang belum terjangkau? Atau karena performa motor yang kurang? Apakah informasi tentang teknologi sistem PGM-FI belum dipahami oleh masyarakat kita? Atau, karena begitu kuatnya persaingan penjualan motor?

Entahlah. Yang saya ketahui tentang sistem PGM-FI adalah sistem bahan bakar di motor yang sudah menggunakan teknologi kontrol secara elektronik, yang mampu memasok bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap kendaraan. Mohon koreksi jika ini salah.

Informasi dari literature yang ada, dikatakan jika Honda adalah pelopor dalam penerapan sistem PGM-Fl sepeda motor di Indonesia dan sistem ini telah diaplikasikan pada jenis motor Honda keluaraan PT AHM, yaitu Honda Supra X 125 R PGM-FI.

Informasi lain yang dikutip dari teknologi Honda yang bertajuk ”The newly developed PGM-FI (electronic fuel injection) system for small motorcycles” menjelaskan sebagai berikut:

The development of an ECU-integrated throttle body module for an electronic fuel injection system for small motorcycles.

Honda has a goal to reduce the total emissions of HC (hydro-carbon) from new vehicles to approximately 1/3 and to further improve the average fuel economy by approximately 30% (both from 1995) by the year 2005. To realize the goal, we at Asaka R&D Center considered that the small motorcycles used in many countries in the world should be improved further for clean exhaust gas and low fuel consumption. Accordingly, we have started development of the PGM-FI system for small motorcycles with engines of 125cc or smaller, including air-cooled engines.

To ensure clean exhaust gas and high fuel economy, the control of combustion through an accurate fuel supply is a must. As the conventional FI system (electronic fuel injection system) applied to motorcycles is bulky and costly, its application has been mostly in large motorcycles using multi-cylinder engines. In the newly developed PGM-FI, in order to apply to small displacement models, the obstacles have been eliminated by fully using Honda\’s techniques to down-size components as well as making maximum use of the FI techniques attained from the large motorcycles. The compact PGM-FI offers new benefits such as the reduction of released environmentally detrimental substances and the improvement of driveablity, economy, etc.

Aplikasi PGM-FI Di Motor Honda
Berdasarkan keterangan tersebut, jika PGM-FI di terapkan pada motor Honda, maka motor akan mempunyai peforma yang ramah lingkungan yang tinggi, irit bahan bakar namun tetap tidak mengurangi performa motor, karena perbandingan antara suplai bahan bakar dan udara serta pengapian di kontrol melalui sensor elektronik.

Pada intinya motor Honda Supra X-125 PGM-FI jadi lebih enak dari motor lain, biker-nya akan mendapatkan sensasi riding yang menyenangkan, aman, nyaman, ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Itulah beberapa yang bakal di dapatkan jika memiliki motor dengan teknologi PGM-FI.

Kurang lebih ada 3 sistem yang sangat menonjol dam berpengaruh ketika teknologi PGM-FI diaplikasikan, yaitu:

  1. Sistem Bahan Bakar: Yaitu fuel pump akan bertugas mengalirkan bensin dari tangki hingga injektor dengan sempurna.
  2. Sistem Induksi Udara: Yaitu jumlah udara yang dihisap masuk ke dalam silinder melewati sensor bisa diukur kevakumannya sebagai patokan jumlah bensin yang akan diinjeksikan.
  3. Sistem PGM-FI memberikan kelebihan, yaitu mengurangi emisi gas buang, lebih hemat dalam pemakaian BBM, memberikan tarikan motor lebih responsif, mesin dengan mudah dihidupkan pada kondisi apapun (cuaca dingin pegunungan sekalipun), idle tidak terpengaruh pada ketinggian suatu daerah (pegunungan), dan memberikan kemudahan dalam perawatan secara berkala.
Sejarah Teknologi Honda
Honda+CX650+Turbo++3.jpg
Honda CX-500 TURBO

Pabrikan Honda sebenarnya telah mengembangkan teknologi Fuel Injection lebih dari 20 tahun. Di tahun 1982 Honda yang pertama kali memperkenalkan model Honda CX-500 TURBO yang merupakan sepeda motor pertama di dunia yang menggunakan teknologi Fuel Injection. Motor Honda Model CX-500 Turbo bisa jadi sepeda motor yang memiliki akselerasi yang lebih baik dari pada model CB-900F, dan ini karena efisiensi bahan bakar yang lebih baik dari model CX500 yang menjadi platform dari Honda CX-500 TURBO

Dimulai tahun 1993, Honda mulai mencoba teknologi baru untuk motor balapnya yang bergengsi di kategori GP500 dengan teknologi Fuel Injection. Belakangan motor Honda di kelas MotoGP yang dikenal dengan jenis RC211V mampu menghasilkan tenaga yang luar biasa yang dikontrol oleh teknologi PGM-FI. Hal ini menunjukkan bahwa performa PGM-FI yang luar biasa dapat diterapkan pada motor balap.

Honda Supra X 125 R PGM-FI
Inilah motor Honda yang pertama kali dihadirkan dan satu-satunya motor bebek injection di Indonesia yang sudah memakai teknlogi PGM-FI.Motor Honda Supra X 125 R PGM-FI memiliki kombinasi dengan desain bergaya sportif, atraktif dan mewah menjadikannya tampil makin terdepan. Jika Anda sedang menimbang-nimbang ingin membeli motor masa depan, memiliki teknologi terbaru, dan ramah lingkungan mungkin motor Honda ini bisa menjadi pertimbangan Anda. Pilihan tentang motor akhirnya berada ditangan Anda sendiri. Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Jadilah orang pertama yang menyukai tulisan ini
Apakah anda menyukai tulisan ini ?

Alangkah Senangnya Saya Apabila Anda Mau Meluangkan Waktu Anda Untuk Berkomentar di Postingan Kami Ini, Karena Akan MemperERAT tali persahabatan Para Blogger..
Berkomentar Yang Baik.. Jangan SPAM Lo ya.. Makasi...
EmoticonEmoticon

Flickr