INFO KM_PIS : Apa Senioritas itu?

Senioritas sudah bukan hal asing lagi bagi kita para pelajar. Senioritas itu sendiri sudah banyak terjadi di sekolah atau universitas di Indonesia. Sebenernya apa sih yang dimaksud senioritas?
Ada beberapa pendapat mengenai senioritas. Ada yang bilang kalau senioritas itu merupakan penekanan dari kakak kelas buat adik kelasnya, ada juga yang bilang kalau senioritas itu merupakan tindakan kakak kelas yang gila hormat ke adik kelasnya, dan mengakibatkan terjadilah penindasan atau semacam tindak kekerasan. Kalau menurut kitabnya anak kelas bahasa alias KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) senioritas adalah keadaan lebih tinggi dalam pangkat, pengalaman dan usia; prioritas status atau tingkatan yang diperoleh dari umur atau lamanya bekerja.
Senioritas biasanya memaksa adik kelas untuk melakukan hal-hal yang diinginkan kakak kelas. Senioritas banyak yang dilakukan dengan cara tidak wajar, bahkan sampai ada yang memakan korban. Hal-hal seperti itu seharusnya tidak perlu terjadi jika adik kelas menghorati kakak kelas begitu pula sebaliknya.
Banyak orang beranggapan bahwa jadi kakak kelas harus galak dan kejam supaya disegani oleh adik kelas. Padahal, sebenarnya jika kakak kelas berlaku baik dan wajar, maka adik kelas akan merasa hormat dan segan dengan sendirinya. Begitu pula dengan adik kelas, jika bertingkah laku baik dan wajar, maka kakak kelas akan merasa segan. Jika ada masalah, sebaiknya diselesaikan baik-baik tanpa ada kekerasan. Sudah seharusnya kakak kelas menjadi contoh yang baik  buat adik kelas.

17 komentar

nyimak dulu gan, bagus nih :D

wah bener banget nih sob, jadi senior itu ga perlu keras apa lagi jadi sok gitu, yang penting biasa aja, inget aja kalo kekerasan itu hal yang engga baik, apa lagi sampe dilakuin ke orang lain.
visit : http://officialbronis.blogspot.com

Cuma mau baca n mampi saja mas
hehehe

iya sob bener sih tapi terkadang ada senior yang memaki kekerasan agar juniornya tidak kurang ajar sob

nyimak dulu gan,, info yg sangat bermanfaat niihh

menurut ane sihh, senioritas itu kawakan. sesepuh di suatu tempat.

nice info

senioritas menurutku adlah suatu bentuk rasa hormat kepada oarng yang lebih tua atau orang yang lebih pandai

Nyimak saja lah. diblog serba JS ini :)

Thx gan Infonya...

sorry Telat... :Dw

Alangkah Senangnya Saya Apabila Anda Mau Meluangkan Waktu Anda Untuk Berkomentar di Postingan Kami Ini, Karena Akan MemperERAT tali persahabatan Para Blogger..
Berkomentar Yang Baik.. Jangan SPAM Lo ya.. Makasi...
EmoticonEmoticon

Flickr