BAGAIMANA CARA MENGHASILKAN UANG DARI BLOG

Ada banyak cara mendapatkan uang melalui aktivitas blogging. Tentu saja dengan cara yang halal dan benar. Hebatnya lagi, Anda tetap bisa mendapatkan uang (baik dollar ataupun rupiah) dengan blog berbahasa Indonesia.

Berikut adalah 13 Cara Mendulang Uang Dengan Blog Berbahasa Indonesia yang barangkali bisa Anda pertimbangkan.


1. Menampilkan Iklan PPC (Pay-Per-Click) Domestik

Saat ini setidaknya sudah ada 5 pelaku bisnis PPC domestik di Indonesia, yaitu KlikSaya.com, KumpulBlogger, PPCIndo, IndoFad, AdOnBanner, Biindit, dan IdblogNetwork. Dengan menjadi publisher program-program PPC domestik, Anda bisa menampilkan iklan berbahasa Indonesia dan mendapatkan komisi (tentu dalam rupiah) jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog Anda.

2. Menampilkan Iklan PPC Asing (hanya yang berbasis CPM)

Pilihan kedua adalah menampilkan iklan PPC asing yang berbasis impresi. Dengan menampilkan iklan PPC berbasis impresi di blog Anda, Anda akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah impresi iklan yang dilihat oleh pengunjung Anda (bukan berdasarkan klik pengunjung). Semakin banyak pengunjung blog Anda, tentu semakin besar pula impresi iklan yang Anda dapatkan. Program PPC asing berbasis CPM atau impresi bisa Anda dapatkan informasinya melalui link AdTalks.com.

3. Menampilkan Banner Program Affiliasi Asing

Ada banyak sekali program affiliasi yang bisa Anda ikuti. Meskipun bukan cara terbaik, menampilkan banner link affiliasi berukuran 125X125 di bagian Sponsor blog Anda bisa menjadi pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia. Jika pengunjung blog Anda melakukan pembelian melalui banner link affiliasi tersebut, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

4. Menampilkan Banner Program Affiliasi Domestik

Selain program affiliasi asing, saat ini juga sudah banyak program-program affiliasi domestik yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana monetisasi blog Anda. Dengan cara yang sama – menampilkan banner link affiliasi domestik – Anda memiliki peluang untuk mendulang uang melalui blog Anda. Sejumlah pengelola web hosting lokal memiliki program affiliasi yang bisa Anda ikuti dan promosikan di blog Anda.

5. Menulis Review Produk Affiliasi (dengan text link affiliasi Anda)

Salah satu cara menjalankan program affiliasi (baik asing maupun domestik) melalui blog yang paling efektif adalah dengan menulis review tentang produk affiliasi yang hendak Anda promosikan di blog Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah menggunakan dan merasakan manfaat produk yang Anda promosikan. Program affiliasi Amazon.com dan Commission Junction memiliki banyak sekali produk yang bisa Anda review. Pilih produk yang sesuai dengan niche dan kebutuhan pembaca blog Anda, tulis reviewnya dan jika pembaca blog Anda melakukan pembelian produk yang Anda rekomendasikan, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

6. Mengikuti Program Paid Review

Program paid review adalah cara lain monetisasi blog berbahasa Indonesia. Seperti namanya, sebagai publisher program ini Anda diminta untuk menulis review produk atau jasa tertentu (dalam bahasa Inggris) dan akan mendapatkan komisi atas review yang Anda tulis di blog Anda. Ya, blog berbahasa Indonesia (untuk beberapa program paid review seperti SponsoredReviews.com, ReviewMe, Blogsvertise, BuyBlogReviews.com) pun bisa mendaftar sebagai publisher program-program paid review. Bahkan jika blog Anda memiliki link ranking, Alexa, Technorati dan PR (Page Rank) yang cukup tinggi, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan komisi yang cukup besar untuk satu artikel review. Saat ini Anda juga bisa mendaftar program paid review lokal pertama di Indonesia, ReviewMu.com.

7. Menampilkan Google Adsense for Search

Kendala blog berbahasa Indonesia untuk menampilkan program Google Adsense adalah adanya larangan Terms and Services Adsense untuk menampilkan Unit Ads, Link Ads serta Referral Ads di blog berbahasa selain Inggris. Meskipun demikian, Anda masih bisa menampilkan unit Adsense for Search di blog Anda.

8. Menjual Text Link Ads

Pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia yang lain adalah dengan menjual link di blog Anda. Dengan menjual link, yang Anda lakukan adalah menyediakan spot text link situs-situs yang ingin beriklan dan sekaligus mendapatkan link back dari blog Anda. Semakin tinggi link ranking, Alexa, Technorati dan PR blog Anda, semakin mahal harga link yang bisa Anda tawarkan. Saat ini banyak program text link ads yang bisa Anda ikuti. Beberapa diantaranya adalah Text-Link-Ads.com, TNX.net, LinkWorth.com dan TextLinkBrokers.com.

9. Menjual Spot Iklan Mandiri

Menjual spot iklan secara langsung kepada mereka yang tertarik memasang iklan di blog Anda adalah pilihan lain monetisasi blog berbahasa Indonesia yang saat ini semakin populer. Meskipun cara seperti ini memerlukan strategi khusus (misalnya bagaimana cara mendapatkan pemasang iklan), namun jika niche blog Anda cukup menarik dengan pengunjung yang cukup banyak, pendapatan iklan mandiri tidak bisa dibilang kecil.

10. Menjual Jasa Keahlian Anda

Jika Anda memiliki keahlian tertentu (misalnya web design, web programming, logo design, copy writing, atau bahkan keahlian-keahlian lain seperti memasak, menulis, menerjemahkan), tidak ada salahnya mempromosikan keahlian Anda melalui blog Anda. Selain sebagai ruang pribadi untuk menuangkan ide dan tulisan, blog Anda juga bisa berperan sebagai sarana public relation yang cukup efektif untuk memperkenalkan keahlian Anda. Jadi silahkan mencari keahlian apa yang kira-kira bisa Anda jual melalui blog Anda.

11. Menjual Produk Digital Karya Anda Sendiri

Saat ini menulis dan membuat e-book bukan lagi sesuatu yang sulit. Jika Anda memiliki keahlian tertentu yang bisa Anda jual, menuliskannya menjadi sebuah e-book dan mempromosikannya melalui blog Anda adalah sebuah pilihan yang brilian. Selain mendapatkan keuntungan penjualan e-book, melalui blog yang sama Anda juga bisa mengembangkan sistem affiliasi sehingga pengunjung blog Anda bisa mempromosikan kembali e-book Anda dengan memberikan imbalan tertentu.

12. Menjual Produk Fisik Karya Anda Sendiri

Selain produk digital berupa e-book, produk-produk fisik (misalnya CD, buku, kaos, cenderamata, kado/gift ulang tahun, bahkan kue ulang tahun) juga bisa Anda promosikan dengan memanfaatkan blog Anda. Jika saat ini Anda telah memiliki bisnis offline, tidak ada salahnya mencoba menjangkau pasar yang lebih luas dengan promosi secara online melalui blog Anda.

13. Menjadi Perantara/Broker Jasa Orang Lain

Menjadi perantara atau broker jasa orang lain juga bisa menjadi pilihan monetisasi blog Anda. Sekedar misal, jika Anda kebetulan tinggal di daerah wisata (Bali atau Yogyakarta misalnya), Anda bisa menawarkan kerjasama dengan biro travel atau hotel-hotel kecil sekelas Melati untuk mempromosikan jasa mereka melalui blog Anda dengan imbalan komisi tertentu. Akan lebih baik lagi apabila niche blog Anda sesuai dengan jasa yang hendak Anda promosikan. Jika pengunjung blog Anda melakukan booking hotel atau jasa biro travel tersebut, Anda mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu.

Nah, sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan uang dengan blog berbahasa Indonesia bukan? Jadi tidak ada alasan untuk berkecil hati dan beralasan bahwa Anda tidak bisa mendulang uang melalui blog Anda hanya karena blog Anda berbahasa Indonesia.

Tapi, kalau semua cara di atas juga tidak ada yang bisa Anda raih, tidak perlu berkecil hati dulu. Semua cara di atas adalah konvensional. Menghasilkan uang melalui blog selama ini dianggap hanya bisa dilakukan secara langsung, directly from the blog. Padahal, sebenarnya, ada banyak cara untuk menghasilkan uang melalui blog yang barangkali tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Yakni, lewat cara-cara nonkonvensional.

Berikut adalah 5 cara menghasilkan uang secara tidak langsung dari blog yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya:

1. Membuka Layanan Konsultasi

Jika Anda benar-benar menguasai topik yang Anda tekuni dan menjadi ahli di bidang tertentu, Anda bisa membuka layanan konsultasi bagi mereka yang membutuhkan nasehat profesional Anda. Beberapa topik tertentu barangkali memiliki peluang yang lebih besar ketimbang topik yang lain. Namun pada dasarnya, terbuka lebar peluang untuk menghasilkan uang dengan memberikan layanan konsultasi melalui blog Anda. Di luar negeri, layanan konsultasi biasanya dibayar per jam. Salah satu blogger asing yang sukses memberikan layanan konsultasi adalah Chris Garrett.

2. Membuka Kursus Online Anda Sendiri

Selain memberikan layanan konsultasi, sekali lagi jika Anda benar-benar menguasai topik yang Anda pilih, Anda bisa membuka kursus online berbayar. Melalui kursus online berbayar, setiap member yang bergabung bisa belajar secara langsung, step-by-step dari Anda. Biasanya, kursus online menerapkan sistem keanggotaan membership tertutup dimana setiap member harus membayar sejumlah uang selama jangka waktu tertentu. Salah satu blogger asing yang sukses mendulang uang dengan metode membuka kursus online adalah Yaro Starak, dengan Membership Site Mastermind. Di Indonesia, Anne Ahira sudah cukup lama mengelola Asian Brain, sebuah program kursus online berbayar.

3. Menerbitkan Blog Menjadi Buku

Menerbitkan buku yang berasal dari blog saat ini semakin populer dan banyak dijadikan model monetisasi blog. Semakin potensial pasar niche yang Anda tekuni, maka semakin besar pula peluang menerbitkan blog Anda dalam bentuk buku. Di luar negeri, mengubah blog menjadi buku, misalnya, dilakukan oleh Gina Trapani, chief editor Lifehacker.com dan Darren Rowse, blogger profesional pemilik ProBlogger.net. Contoh lain adalah buku yang berasal dari blog ICanHasCheezBurger.com, sebuah blog unik yang sepenuhnya berisi foto-foto kucing dengan caption lucu. Di Indonesia, salah satu blogger fenomenal yang sukses membukukan blognya adalah Raditya Dika. Bahkan, bukan hanya buku, film yang diangkat dari blog Dika pun menuai sukses di layar lebar.

4. Menjadi Pembicara Seminar Berbayar

Menjadi pembicara seminar, konferensi ataupun workshop juga bisa menjadi salah satu cara para blogger untuk menghasilkan uang. Tentu saja, untuk bisa menjadi seorang pembicara seminar Anda harus cukup memiliki keahlian khusus tertentu. Selain itu Anda juga dituntut untuk memiliki kredibilitas positif sebagai ahli di bidang yang Anda tekuni. Di luar negeri, nama Darren Rowse dan Jeremy Schoemaker sudah sering menjadi langganan pembicara seminar, terutama jika berkaitan dengan topik make money from blogging. Di Indonesia, sejumlah blogger juga sudah sering menjadi pembicara seminar. Contohnya adalah Enda Nasution, Budi Putra.

5. Menjadi Ghost Writer

Tahu kan arti ghost writer? Gampangnya, ghost writer adalah orang yang menulis artikel untuk orang lain, atas nama orang lain, dengan imbalan uang tertentu. Jika Anda cukup punya nyali dan tidak ada masalah dengan persoalan etis tidaknya pekerjaan ini, profesi ghost writer bisa menjadi pilihan Anda. Di luar negeri, profesi ghost writer yang dilakoni para blogger bukan lagi hal yang aneh dan tabu.
[Kompasiana]

Alangkah Senangnya Saya Apabila Anda Mau Meluangkan Waktu Anda Untuk Berkomentar di Postingan Kami Ini, Karena Akan MemperERAT tali persahabatan Para Blogger..
Berkomentar Yang Baik.. Jangan SPAM Lo ya.. Makasi...
EmoticonEmoticon

Flickr